Dante’s Peak, Korban bencana yang dapat dihindarkan dari Kerjasama dan kepercayaan Tim

Film thriller Amerika 1997 itu disutradarai oleh Roger Donaldson. Para bintang yang berperan, di antaranya Pierce Brosnan, Linda Hamilton, Charles Hallahan, Elizabet


1
1 point

Film thriller Amerika 1997 itu disutradarai oleh Roger Donaldson. Para bintang yang berperan, di antaranya Pierce Brosnan, Linda Hamilton, Charles Hallahan, Elizabeth Hoffman, Jamie Renée Smith, Jeremy Foley, dan Grant Heslov. Film tersebut mengisahkan perjuangan Harry Dalton bersama warga untuk menyelamatkan diri dari bencana letusan gunung merapi di Dante's Peak. Di mana gunung yang sudah lama tidak aktif, berubah menjadi aktif kembali dan berbahaya. Dante’s Peak dirilis pada 7 Februari 1997, di bawah produksi Universal Pictures dan Barat Pasifik.

Dikisahkan, ada seorang ahli vulkanologi, Harry Dalton (Pierce Brosnan) yang berpengalaman di United States Geological Survey (USGS). Namun, dia harus kehilangan kekasihnya, Marianne (Walker Brandt). Marianne meninggal akibat letusan gunung berapi di Columbia.  Ia gagal menyelamatkan diri ketika melakukan penelitian di gunung bersama Dalton. Sejak saat itu, Dalton tidak mau melanjutkan profesinya selama 4 tahun. Hingga akhirnya, Dalton menerima perintah dari atasannya, Paul Dryfus (Charles Hallahan). Dia diminta untuk memeriksa aktivitas vukanik, di Dante's Peak.  Dante’s Peak merupakan kota kecil yang menjadi objek pariwisata dan banyak pengunjungnya. Sebagian pendapatannya dari dunia pariwisata. Sesampainya di Dante’s Peak, ia disambut oleh Walikota, Rachael Wando (Linda Hamilton). Ketika Dalton bertugas, dia memperhatikan pohon dan binatang yang mati. Bahkan ada orang yang meninggal saat berada di dekat gunung berapi.

DANTE'S PEAK (1997) Trailer #1 Pierce Brosnan - Linda Hamilton

Ia mencurigai gunung yang sudah lama tidak aktif itu, akan beraktivitas kembali. Kemudian, Dalton meminta warga untuk berhati-hati dan waspada terhadap kondisi gunung. Tetapi orang-orang justru mengutamakan kepentingan ekonomi daripada keamanan dan keselamatan jiwa. Bahkan Dryfus tidak mendengarkan Harry karena kurangnya bukti ilmiah yang nyata. Selain itu, Dryfus takut jika ada kerugian finansial yang besar bagi para investor. Satu minggu berlalu, gunung berapi itu tidak terlalu aktif. Namun, setelah beberapa waktu, aktivitasnya mulai meningkat dan meletus. Harry dan Rachael harus menyelamatkan diri dan membantu warga dari abu wulkanik, lava, dan awan panas.Harry beserta keluarga Rachael bisa selamat walaupun hanya bersembunyi di dalam bekas penambangan dan Harry maupun keluarga Rachael dapat  dengan mudah dievakuasi dan mereka pun selamat.


Tokoh Utama Dante's Peak


Konflik Antara Paul dan Harry Mengenai Hasil Analisa Aktifitas Volcano di Dante’s Peak

Pada Awalnya Harry dikirimkan ke Dante’s Peak karena adanya kecurigaan dari aktivitas gunung merapi yang kembali aktif di Dante’s Peak, Harry yang sudah 4 tahun vakum dari Volcanologis akibat traumatic kehilangan orang yang disayangnya meninggal sempat menolak, tapi karena Harry adalah seorang yang sangat ahli dan dapat diandalkan maka dia akhirnya pergi ke Dante’s Peak. Namun seiring berjalan nya penelitian yang ditemukan tanda-tanda aneh, Harry pun mulai berasumsi bahwa Dante’s Peak akan didatangi bencana gunung berapi yang tidak dapat dipastikan kapan akan meletus. Hal ini mendatangkan diskusi hebat terhadapat para petinggi kota Dante’s Peak, dilain sisi ini akan mendatangkan kepanikan dan ketidak percayaan oleh penduduk lokal sebab Date’s Peak sudah lama tidak aktif dan merupakan tempat paling nyaman dan indah untuk ditinggalkan begitu saja, ditambah sedang ada pembangunan ekonomi yang cukup besar oleh pengusaha-pengusaha, dimana isu metelus Gunung berapi ini dapat menyebabkan kepanikan yang sangat besar. Disitu lah Paul datang untuk melarang Harry membuat kepanikan dan menyuruh Harry untuk mengambil cuti selama 2 minggu dan membiarkan Paul sebagai atasan Harry mengambil alih penelitian.


Jones dan George dalam Contemporary Management mendefinisikan konflik merupakan kondisi yang tidak harmonis muncul saat terdapat tujuan, kepentingan ataupun nilai-nilai  yang tidak sesuai antara individu/grup dimana mereka saling menghalangi satu sama lainnya untuk mencapai tujuan mereka.


1. Konflik Interpersonal : Merupakan Konflik antara Individu dengan adanya perbedaan tujuan atau nilai

2. Konflik Intragroup : Merupakan Konflik pada suatu kelompok/Group

3. Konflik Intergroup : Merupakan Konflik pada lebih dari satu kelompok/Group

4. Konflik Interorganisasi : Merupakan Konflik yang terjadi antar Organisasi



Berdasarkan Konflik diatas, Konflik tersebut merupakan Konflik Interpersonal dimana Paul tidak mempercayai Pendapat Harry mengenai Aktifitas Gunung Berapi di Dante’s Peak. Seharusnya Paul tidak begitu cepat mengambil keputusan untuk menghentikan Penelitian Harry, sebab Harry merupakan seorang Profesional dan pengalaman dalam Volcanologist. Melainkan Membantu Harry dalam Penelitiannya dengan memberikan alat-alat pendukung.

Komunikasi yang Efektif saat terjadi Bencana

Pada saat terjadi meledaknya Gunung Berapi di Dante’s Peak, Banyak kepanikan yang terjadi di kota tersebut. Hal ini disebabkan oleh ketidak-siapan para penduduk dan petinggi kota dalam proses evakuasi yang terlambat diberitahu oleh para Geologist. Proses Komunikasi yang terlambat ini disebabkan keraguan para Geologist akan aktivitas gunung berapi yang akan meledak setelah jutaan tahun tidak aktif lagi, mereka tidak ingin membuat kepanikan antara penduduk tersebut.Menurut Jones, George (2020). “Contemporary Management”, bahwa proses komunikasi terdiri dari dua fase yaitu transmisi dan feedback.

  • Fase transmisi : informasi antara dua atau lebih individu maupun kelompok.
  • Fase umpan balik : komunikasi dalam organasisasi untuk memastikan pemahaman dari penerima pesan. 

Pada Saat Krisis seperti ini seharusnya para pihak yang berwenang di kota tersebut sudah terlebih dahulu menyiapkan antisipasi pemberitahuan awal agar tidak terjadi kepanikan. Sebab lebih baik pesan tersebut disampaikan pada saat tenang agar warga semakin mengerti dan memahami pesan yang disampaikan.


Sumber:

  1. Gareth R. Jones, and Jennifer M. George (2020). Contemporary Management (Eleventh Edition). McGraw - Hill Education.
  2. https://www.netflix.com/watch/1151375?trackId=13752289&tctx=0%2C0%2C504786cbe7a54fdafe7f31f0cc9fe123e63cd7a9%3A113c1f820f744a71a695db06dc7dca077e97d2fe%2C504786cbe7a54fdafe7f31f0cc9fe123e63cd7a9%3A113c1f820f744a71a695db06dc7dca077e97d2fe%2Cunknown%2C
  3. https://www.fandango.com/dantes-peak-97312/cast-and-crew
  4. https://hmtg.ft.ugm.ac.id/?p=55



Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format