Tanya Jawab

Jawaban fungsi radiator pada mobil

Hai semua pembaca setia yonulis.com, kali ini kami akan berbagi jawaban atas pertanyaan: fungsi radiator pada mobil. Buat pembaca yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan lainnya boleh lihat di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita simak pembahasannya. Di artikel ini ada sudut pandang yang berbeda atas jawaban tentang pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih jauh.

Pertanyaan

fungsi radiator pada mobil

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: fungsi radiator pada mobil

sebagai pendingin mesin.

Jawaban

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: fungsi radiator pada mobil

.

ads

1. Upper Tank

Upper tank adalah sebuah tempat penampungan untuk air pendingin yang berada di saluran masuk. Fungsi komponen ini adalah untuk dapat menampung air panas yang berasal dari mesin. Tempat penampungan ini berada di bagian atas dengan bentuk yang memanjang.

2. Radiator Core

Komponen ini merupakan inti dari radiator yang bentuknya seperti pipa kecil dalam jumlah yang cukup besar dan memajang. Tepatnya berada di antara lower tank dan upper tank. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyalurkan panas yang berasal dari air radiator. Desainnya yang memanjang pipih dan diserta lubang-lubang kecil bertujuan agara aliran air yang berasal dari upper tank menuju lower tank tidak berlangsung lama.

3. Sirip Radiator

Komponen radiator lainnya adalah sirip radiator yang mana berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas menuju udara. Sirip radiator berbentuk seperti plat yang berada di tengah-tengah core. Jika radiator hanya menggunakan core untuk bisa melepaskan panas, maka tentu saja ini akan membutuhkan waktu yang lama. Namun jika diletakkan sirip di bagian tengah core membuat panas menjadi lebih cepat dipindahkan.

4. Lower Tank

Lower tank merupakan tanki penampung air radiator yang terletak dibagian bawah radiator. Fungsi tanki ini adalah untuk menampung air pendingin yang sudah melalui proses cooling. Didalam tanki inlah air siap untuk kembali digunakan untuk menyerap panas mesin.

5. Drain Plus

Atau yang dikenal dengan nama baut penguras, fungsi komponen ini adalah menguras air pendingin. Tempatnya berada di bagian bawah radiator pada lower tank.

6. Radiator Cap

Komponen ini juga dikenal sebagai tutup radiator, adapun fungsi-fungsi dari komponen ini antara lain adalah:

Menutup lubang radiatorMengatur tekanan pada radiatorTempat pengisian dari air radiator

Bentuk dari tutup radiator tidak seperti tutup pada umumnya karena memang didesain untuk menutup agar tidak terjadi kebocoran pada radiator mobil. Selain itu terdapat pula mekanisme relieve valve yang berfungsi untuk mengatur tekanan pada air radiator saat kondisi mesin sedang panas.

Nah itu dia pembahasan atas pertanyaan: fungsi radiator pada mobil. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share Matawanita di bawah ya. Thanks Sekian tanya-jawab mengenai fungsi radiator pada mobil, semoga dengan postingan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan kamu.

Bella

Hi, saya Bella Sungkawa. Saya suka menulis artikel terutama tentang Fashion dan Kecantikan. Please contact me if you want to suggest something or just to say Hi!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button